Kamis, 28 Mei 2015

Blue Ocean Strategy



Okey,

Di hari Jumat terakhir di bulan Mei 2015 ini saya ingin mereview sebuah buku yang kemarin telah saya baca.

Buku tersebut berjudul :

Blue Ocean Stategy (Strategi Samudra Biru)
Ciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetisi Tak Lagi Relevan
Karangan W. Chan Kim dan Renee Mauborgne

Sebuah buku yang mengupas tentang strategi dari perusahaan atau para pemimpin yang berhasil dalam menghadapi persaingan atau rintangan-rintangan dalam organisasi. Buku ini memberikan sebuah pandangan tentang bagaimana menciptakan sebuah strategi yang menghasilkan ruang pasar tanpa adanya pesaing.

Konsep yang ditawarkan adalah bagaimana perusahaan menciptakan sebuah samudra biru, yakni sebuah strategi yang membuat sebuah ruang pasar baru dengan meninggalkan ruang pasar lama (samudra merah) yang penuh dengan pesaing.

Buku ini memberikan langkah-langkah dalam merumuskan dan mengeksekusi strategi samudra biru dan dilengkapi dengan contoh kasus pada tiap babnya.

Menurut saya buku ini sangat bagus dan cocok dibaca oleh para eksekutif atau para pemimpin karena pengaplikasiannya tidak terbatas hanya pada organisasi besar saja tetapi dapat diterapkan pada unit-unit terkecil dari organisasi.

Buku yang sangat bagus dan layak untuk dibaca.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar